Blogging
memiliki banyak sekali keuntungan. Namun, masih sangat sedikit sekali
masyarakat luas yang menggunakan jasa bloggers. Dari hasil pengamatan
saya, baru beberapa lembaga atau perusahaan yang menggandeng kalangan
blogger untuk mengenalkan produk yang mereka miliki. Salah satu potensi
blogging adalah sebagai media untuk melakukan sebuah promosi.
Seiring dengan kemajuan teknologi
internet, interaksi masyarakat secara perlahan namun pasti mulai
menggunakan media online sebagai tumpuan untuk mencari informasi.
Sayangnya masyarakat Indonesia kurang begitu peka dengan tuntutan ini.
Salah satu contohnya adalah untuk mencari sebuah informasi seperti
rental mobil maka masyarakat yang melek teknologi akan memanfaatkan
search engine seperti Google untuk mencari informasi sebanyak mungkin
tentang rental mobil di suatu wilayah. Dengan semakin banyaknya media
online memuat satu informasi yang sama, maka secara tidak langsung
reputasi perusahaan rental mobil tersebut akan terangkat. Dengan mudah
masyarakat menemukan informasi suatu rental mobil dari berbagai media
online seperti blog.
Hal ini tentu kontras dengan situasi di
negara yang melek teknologi seperti Australia. Dari pengalaman pribadi,
saya beberapa kali diminta untuk menulis artikel tentang suatu kampus.
Tentu permintaan seperti ini dalam rangka promosi kampus tersebut
sehingga ketika seorang calon mahasiswa akan studi ke Australia maka dia
akan menemukan sebuah tulisan online tentang kampus tersebut. Media
promosi yang melibatkan blogger dari kalangan mahasiswa ternyata sangat
getol sekali dilakukan. Penawaran untuk mahasiswa yang ingin menulis
artikel tentang kampus secara teratur terus dipromosikan.
Di bawah ini 5 keunggulan blogging sebagai media promosi:
- Blogging sebagai media promosi yang murah meriah. Tidak tarif pasti untuk setiap artikel yang ditulis oleh seorang blogger. Semua tergantung negosiasi pengiklan dan blogger.
- Blogging sebagai media promosi yang terarah. Setiap blog memiliki tema yang pasti sehingga memiliki pembaca yang lebih terarah.
- Blogging sebagai media promosi bergengsi. Tidak sedikit blog ditulis oleh blogger professional yang memang memahami betul dunia yang digelutinya. Jika suatu artikel bisa muncul di blog yang istimewa tersebut, maka informasi yang dimuat juga akan ikut terangkat.
- Blogging sebagai media promosi terpecaya. Blogger tidak ingin mengorbankan reputasinya untuk menulis sesuatu yang menjerumuskan pembacanya. Jadi ketika sebuah informasi ditulis oleh seorang blogger, maka informasi tersebut akan berubah menjadi sebuah rekomendasi langsung.
- Blogging sebagai media informasi yang tahan lama. Tidak seperti media cetak, sebuah informasi yang ditulis di dunia maya akan bertahan lama, bahkan bisa bertahun-tahun selama blog tersebut masih online.
MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI
Merintis bisnis toko online adalah pilihan tepat bagi orang yang ingin memulai bisnis dengan modal terbatas. Bisnis toko online pun tidak beresiko besar bagi para pelakunya. Untuk memulai bisnis toko online, pelaku bisnis hanya perlu membuka website atau blog kemudian menawarkan produk-produk yang ingin dijual di website toko online tersebut.
Tidak sampai disitu, untuk menjalankan bisnis toko online tidak semudah yang Anda bayangkan. Pelaku bisnis perlu melakukan strategi-strategi agar toko online yang dijalankan bisa dikenal oleh banyak orang dan dengan begitu juga akan mendatangkan keuntungan besar bagi para pelaku bisnisnya. Salah satunya dengan melakukan strategi promosi.
Ada beberapa cara yang bisa pelaku bisnis lakukan untuk mempromosikan toko online mereka, misalnya dengan memanfaatkan fasilitas sosial media seperti Facebook, Twitter, Google +, Instagram, dan sosial media lainnya. Karena sosial media merupakan sebuah tempat berkumpulnya banyak orang untuk melakukan interaksi dengan tulisan maupun saling memposting foto. Sosial media menjadi lahan bisnis yang tepat karena pengguna sosial media di Indonesia telah mencapai puluhan juta orang. Alasan itulah yang membuat banyak pelaku bisnis memilih sosial media sebagai sarana untuk mempromosikan toko online miliknya.
4 Keuntungan Promosi Toko Online Menggunakan Sosial Media
keuntungan apa saja yang diberikan oleh sosial media kepada para pelaku bisnis toko online? Berikut ini adalah 4 Keuntungan Promosi Toko Online Menggunakan Sosial Media :- Promosi di sosial media mudah dilakukan

- Promosi di sosial media tidak perlu modal besar.
- Sosial media, cara singkat toko online dikenal orang banyak
- Sosial media bekerja dengan sangat cepat dalam menyebarkan sebuah berita
Semoga informasi tersebut bisa memberikan banyak manfaat bagi para pemula dan pelaku bisnis toko online yang ingin melakukan promosi.
Mudah - mudahan dengan adanya artikel ini bisa menambah wawsan anda dalam mempromosikan barang dagangan anda.
John Keir berkata dalam bukunya Buildning The Next Word Class Company
"Dalam 3 tahun kedepan,media sosial akan menjadi mediaefektif dalam berpromosi"
akhir kata
semoga sukses dengan usaha yang sedang anda Tekuni SALAM
Diposkan Oleh :
NAMA:Ichsan Zaelany
NPM :1011010161
KELAS:SO2
Tidak ada komentar:
Posting Komentar