Mesin Pencari ( Tambah Pengetahuan Disini )

Jumat, 19 Desember 2014

Memanfaatkan Blog Sebagai Media Promosi

Blogging memiliki banyak sekali keuntungan. Namun, masih sangat sedikit sekali masyarakat luas yang menggunakan jasa bloggers. Dari hasil pengamatan saya, baru beberapa lembaga atau perusahaan yang menggandeng kalangan blogger untuk mengenalkan produk yang mereka miliki. Salah satu potensi blogging adalah sebagai media untuk melakukan sebuah promosi.
Seiring dengan kemajuan teknologi internet, interaksi masyarakat secara perlahan namun pasti mulai menggunakan media online sebagai tumpuan untuk mencari informasi. Sayangnya masyarakat Indonesia kurang begitu peka dengan tuntutan ini. Salah satu contohnya adalah untuk mencari sebuah informasi seperti rental mobil maka masyarakat yang melek teknologi akan memanfaatkan search engine seperti Google untuk mencari informasi sebanyak mungkin tentang rental mobil di suatu wilayah. Dengan semakin banyaknya media online memuat satu informasi yang sama, maka secara tidak langsung reputasi perusahaan rental mobil tersebut akan terangkat. Dengan mudah masyarakat menemukan informasi suatu rental mobil dari berbagai media online seperti blog.
Hal ini tentu kontras dengan situasi di negara yang melek teknologi seperti Australia. Dari pengalaman pribadi, saya beberapa kali diminta untuk menulis artikel tentang suatu kampus. Tentu permintaan seperti ini dalam rangka promosi kampus tersebut sehingga ketika seorang calon mahasiswa akan studi ke Australia maka dia akan menemukan sebuah tulisan online tentang kampus tersebut. Media promosi yang melibatkan blogger dari kalangan mahasiswa ternyata sangat getol sekali dilakukan. Penawaran untuk mahasiswa yang ingin menulis artikel tentang kampus secara teratur terus dipromosikan.
Di bawah ini 5 keunggulan blogging sebagai media promosi:
  1. Blogging sebagai media promosi yang murah meriah. Tidak tarif pasti untuk setiap artikel yang ditulis oleh seorang blogger. Semua tergantung negosiasi pengiklan dan blogger.
  2. Blogging sebagai media promosi yang terarah. Setiap blog memiliki tema yang pasti sehingga memiliki pembaca yang lebih terarah.
  3. Blogging sebagai media promosi bergengsi. Tidak sedikit blog ditulis oleh blogger professional yang memang memahami betul dunia yang digelutinya. Jika suatu artikel bisa muncul di blog yang istimewa tersebut, maka informasi yang dimuat juga akan ikut terangkat.
  4. Blogging sebagai media promosi terpecaya. Blogger tidak ingin mengorbankan reputasinya untuk menulis sesuatu yang menjerumuskan pembacanya. Jadi ketika sebuah informasi ditulis oleh seorang blogger, maka informasi tersebut akan berubah menjadi sebuah rekomendasi langsung.
  5. Blogging sebagai media informasi yang tahan lama. Tidak seperti media cetak, sebuah informasi yang ditulis di dunia maya akan bertahan lama, bahkan bisa bertahun-tahun selama blog tersebut masih online.

MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI
Bisnis adalah hal yang penting bagi sebagian orang. Bisnis yang mereka hasilkan mampu mendapatkan keuntungan besar untuk menunjang kehidupan sehari-hari. Tidak bisa dipungkiri bahwa kebutuhan hidup kini sudah semakin mahal, sehingga menjalankan bisnis menjadi alternatif untuk memenuhi segala kebutuhan. Salah satu bisnis yang mulai memiliki banyak peminat adalah bisnis toko online.
Merintis bisnis toko online adalah pilihan tepat bagi orang yang ingin memulai bisnis dengan modal terbatas. Bisnis toko online pun tidak beresiko besar bagi para pelakunya. Untuk memulai bisnis toko online, pelaku bisnis hanya perlu membuka website atau blog kemudian menawarkan produk-produk yang ingin dijual di website toko online tersebut.
Tidak sampai disitu, untuk menjalankan bisnis toko online tidak semudah yang Anda bayangkan. Pelaku bisnis perlu melakukan strategi-strategi agar toko online yang dijalankan bisa dikenal oleh banyak orang dan dengan begitu juga akan mendatangkan keuntungan besar bagi para pelaku bisnisnya. Salah satunya dengan melakukan strategi promosi.
Ada beberapa cara yang bisa pelaku bisnis lakukan untuk mempromosikan toko online mereka, misalnya dengan memanfaatkan fasilitas sosial media seperti Facebook, Twitter, Google +, Instagram, dan sosial media lainnya. Karena sosial media merupakan sebuah tempat berkumpulnya banyak orang untuk melakukan interaksi dengan tulisan maupun saling memposting foto. Sosial media menjadi lahan bisnis yang tepat karena pengguna sosial media di Indonesia telah mencapai puluhan juta orang. Alasan itulah yang membuat banyak pelaku bisnis memilih sosial media sebagai sarana untuk mempromosikan toko online miliknya.

4 Keuntungan Promosi Toko Online Menggunakan Sosial Media

keuntungan apa saja yang diberikan oleh sosial media kepada para pelaku bisnis toko online? Berikut ini adalah 4 Keuntungan Promosi Toko Online Menggunakan Sosial Media :
  1. Promosi di sosial media mudah dilakukan
Salah satu keuntungan promosi toko online di sosial media adalah mudah dilakukan, meskipun oleh seorang pemula sekalipun. Sosial media merupakan sarana yang ramah bagi para pemula bisnis toko online yang baru saja memulai bisnisnya di dunia maya. Cara untuk membuat akun di sosial media pun sangatlah mudah, hanya dalam hitungan menit pemula bisnis sudah memiliki akun sosial media sendiri yang bisa digunakan sebagai ajang promosi.Hand holding a Social Media 3d Sphere
  1. Promosi di sosial media tidak perlu modal besar.
Untuk membuat sebuah akun sosial media, pelaku toko online tidak dipungut biaya. Pelaku bisnis sudah bisa memiliki akun sosial media hanya dengan melakukan registrasi, meskipun ada sebagian sosial media yang menerapkan fitur berbayar di tahun kedua.
  1. Sosial media, cara singkat toko online dikenal orang banyak
Banyak orang yang mengakses internet hanya untuk membuka akun sosial media saja. Perilaku demikian dapat dimanfaatkan oleh para pemula dan pelaku bisnis untuk mempromosikan toko online mereka. Promosi di sosial media sangat berperan dalam mengenalkan toko atau produk kita ke banyak orang.
  1. Sosial media bekerja dengan sangat cepat dalam menyebarkan sebuah berita
Para pelaku bisnis bisa memanfaatkan sosial media untuk menawarkan produk-produk yang mereka jual dalam waktu yang singkat. dengan demikian, toko online yang kita miliki akan lebih cepat populer sehingga berpeluang untuk menghasilkan transaksi dan keuntungan dari banyak orang.
Semoga informasi tersebut bisa memberikan banyak manfaat bagi para pemula dan pelaku bisnis toko online yang ingin melakukan promosi.


Mudah - mudahan dengan adanya artikel ini bisa menambah wawsan anda dalam mempromosikan barang dagangan anda.

John Keir berkata dalam bukunya Buildning The Next Word Class Company
"Dalam 3 tahun kedepan,media sosial akan menjadi mediaefektif dalam berpromosi"


akhir kata
semoga sukses dengan usaha yang sedang anda Tekuni SALAM


Diposkan Oleh :
NAMA:Ichsan Zaelany
NPM :1011010161
KELAS:SO2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar